Wabah Virus Corona, Rajawali Nusindo Ekspor Masker Ke Cina

Jakarta, 31 Januari 2020. Virus corona yang berawal di Wuhan, China, saat ini menjadi isu global yang ditangani oleh banyak negara. Salah satu upaya pencegahan tertularnya virus corona adalah dengan pemakaian masker. Masker berfungsi untuk proteksi diri penularan melalui udara. Seiring merebaknya virus corona permintaan masker di Cina mengalami peningkatan, oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan masker, PT Rajawali Nusindo anak perusahaan PT RNI (Persero) yang bergerak di bidang Perdagangan dan Distribusi melakukan ekspor masker ke Cina pada tanggal 31 Januari 2020.

Direktur Healthcare PT Rajawali Nusindo, Lukamanul Hakim mengatakan sebanyak 3 juta pcs masker tersebut dikirim sebagai upaya pencegahan dan dukungan moral bagi WNI yang masih berada di Cina. Masker yang dieskpor merupakan produk dalam negeri dengan type 3 Ply yang memiliki pabrik di Yogyakarta. Masker tersebut sudah dilakukan uji coba di Nelson Laboratorium sehingga mampu menyaring partikel kecil dengan ukuran 3 mili micron.

Tujuan dari pengiriman masker tersebut untuk mencegah percikan-percikan yang mengandung virus dari batuk atau bersin lepas ke udara begitu saja. Pasalnya penyakit-penyakit tersebut menular ke orang lain melalui udara. Cairan inilah yang dapat menyebarkan virus ke orang lain yang sehat ketika terhirup atau tersentuh ke mata, hidung, mulut, atau permukaan kulit.

Berdasarkan temuan WHO, virus corona dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Sedangkan bagi orang sehat, masker tidak perlu dipakai jika tidak berhubungan langsung dengan orang sakit. Hanya saja, penggunaannya akan membantu mengurangi risiko penularan.

Lukman menambahkan salah satu core bisnis Rajawali Nusindo adalah Medical Device, bahan medis sekali pakai untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik. Disamping alat habis pakai Rajawali Nusindo juga mendistribusikan alat kesehatan dan kedokteran (Medical Equipment). Ke depan Rajawali Nusindo juga berkonsentrasi dalam mendisribusikan alat kesehatan berteknologi tinggi seperti nuklir medicine dan tele medicine

Seperti diketahui bisnis alat kesehatan memiliki kontribusi sebesar 27% dari total penjualan sedangakan kontribusi laba kotornya sebesar 62% di tahun 2019

 

Sekilas PT Rajawali Nusindo (RNI Grup)

Rajawali Nusindo bergerak di bidang perdagangan dan distribusi farmasi, alat kesehatan, consumer dan industrial products. Pada tahun 2004, Nusindo spin-off dari induknya, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menjadi entitas sendiri, dan hingga 2019 yang lalu berhasil membukukan omset sekitar Rp.4 Triliun. Memiliki 43 cabang yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura di 34 Propinsi. Fokus bisnis Rajawali Nusindo terdiri dari pilar Healtcare, Consumer dan Trading Agro Industri. Dimana memiliki total jumlah ribuan pelanggan 36.374 mulai dari Rumah Sakit, Apotek, Klinik, Dinas Kesehatan, Toko Obat, Toko Listrik, Toko Bangunan, Kios dan Toko Kelontong, Grosir dan Mini Market. Produk dan ribuan produk yang didistribusikan baik berasal dari RNI group dan Non RNI group termasuk kerjasama dengan supplier dari luar negeri. Saluran distribusi yang telah dibentuk oleh Rajawali Nusindo dari Aceh hingga Jayapura merupakan modal kerja utama untuk mengembangkan usaha sebagai perusahaan distribusi.

Untuk Informasi lebih lanjut hubungi:

Sofyan Effendi

Sekretaris Korporasi  PT Rajawali Nusindo (RNI Grup)

Hp. 081333611505

Email : Sekper@nusindo.co.id