Waktu Yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Buah-buahan

Buah-buahan

Ada beberapa orang yang mengkonsumsi buah-buahan terserah kapan dia mau.Tetapi ada juga beberapa orang yang yang berpikir jika makan buah harus menunggu selesai makan nasi, supaya perut tidak begah. Berdasarkan kutipan dari Vemale.com ada beberapa waktu yang tepat untuk konsumsi buah yang tepat dari para ahli berikut :

1. Saat Perut Kosong
Saat perut kosong, merupakan saat yang tepat untuk mengkonsumsi buah=buahan. Karena buah bisa menjadi detoks yang efektif bagi tubuh dan nutrisi yang terkandung dalam buah dapat terserap dengan maksimal. Mengkonsumsi buah di pagi hari baik untuk pencernaan dan selain itu buah dapat meningkatkan kadar gula dalam darah secara berlahan sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

2. Saat Sebelum Berolahrga
Sebelum berolah raga, sekitar 1 jam sebelumnya buah dapat dikonsumsi dan kandungan nutrisi dalam buah akan meningkatkan energi tubuh anda tanpa membuat anda merasa kekenyangan atau mual.

3. Sebelum atau sesudah Makan Siang
Sebelum dan sesudah makan siang pun waktu yang baik untuk mengkonsumsi buah buahan. Disarankan untuk mengkonsumsi buah 1 jam sebelum makan siang atau 2 jam setelah makan siang. Kenapa demikian? karena hal ini untuk meyakinkan bahwa vitamin C dan serat-serat terserap secara maksimal oleh tubuh. Selain itu mengkonsumsi buah sesudah makan siang akan membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh.

Mengapa tidak dianjurkan langsung makan buah setelah makan?
Karena setelah makan penyerapan tubuh atas fruktosa akan lebih lambat, dan jika dipaksa akan mengakibatkan perut terasa begah akibat mengeluarkan asam di dalam perut. Hal ini menyebabkab seseorang mengalami diare atau sakit perut.

4. Setiap Musim
Selain waktu-waktu yang tersebut di atas, para ahli menyarankan juga mengkonsumsi buah-buaha yang sedang musimnya. Karena pada umumnya buah yang muncul pada musimnya bukanlah buah yang melewati rekayasa genetik, sehingga nutrisinya lebuh aman dan tidak menggunakan zat kimia yang memaksa berbuah atau juga pengawet.

Inilah mengapa makan buah lokal lebih sehat di bandingkan dengan buah impor.

Sumber : http://pernikmuslim.com/blog/blog/waktu-yang-tepat-untuk-mengkonsumsi-buah-buahan.html