Chairani Harahap: Srikandi RNI Peraih Bronze Winner Pada Anugerah Kartini Bumn Award 2014

chairani_h_bronzeSelamat kepada Ibu Chairani Harahap, Direktur Operasional PT Rajawali Nusindo, Srikandi RNI yang meraih Bronze Winner pada Anugerah Kartini BUMN Award yang berlangsung pada tanggal 30 April 2014 di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Perempuan Pemimpin untuk Perubahan Berkelanjutan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari website penyelenggara, acara ini dilatarbelakangi oleh makin banyaknya perempuan yang ikut berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan positif BUMN, dan juga dengan semakin banyaknya perempuan yang memberikan kontribusi signifikan terhadap proses transformasi dan perubahan yang signifikan di BUMN. Penganugerahan ini dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu penyebaran kuisioner online dan presentasi peserta Anugerah Kartini BUMN Award 2014. Adapun yang dapat menjadi peserta dalam kompetisi ini adalah eksekutif/pejabat perempuan di lingkungan BUMN dengan jabatan satu tingkat dibawah Direksi, atau Direksi Anak Perusahaan.

Chairani, perempuan yang lahir di Medan 39 tahun yang lalu ini, memulai karirnya dari bawah di PT Rajawali Nusindo, yaitu sebagai Detailer (Medical Representative) produk Lederle pada Juli 1994 hingga 1998 ini. Berbagai posisi di cabang pernah diduduki oleh beliau, seperti Account Executive Rajawali medical (1998), Supervisor Rajawali Medical (2000-2003), Kepala Operasional Cabang Medan (2003-2006), Kepala Cabang Denpasar (2006-2008), Kacab Medan (2008-2012) hingga pada tahun 2012 ditugaskan sebagai Direktur Operasional PT Rajawali Nusindo hingga saat ini.

Selama karirnya di Rajawali Nusindo, Chairani memang sarat akan prestasi. Berbagai prestasi gemilang telah ditorehkan beliau di perusahaan, seperti The Best Medical Representative (1994-2000), 2nd Winner The Best Branch tahun 2007 untuk Cabang Denpasar, dan 2nd Winner The Best Branch dua kali berturut-turut yaitu tahun 2010 dan 2010 untuk Cabang Medan. Hal ini tentu sesuai dengan filosofi Chairani, yang saat diwawancarai menyatakan bahwa filosofi hidupnya adalah Selalu Menjadi yang Terbaik ( Always Be The Best ) dimanapun beliau ditempatkan. Chairani selalu memandang bahwa setiap tugas yang beliau laksanakan merupakan Amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, selain bertanggungjawab pada Pimpinan, beliau juga menegaskan bahwa setiap tugas yang beliau emban juga beliau pertanggungjawabkan kepadaTuhan.

Chairani memang patut diganjar dengan Anugerah Kartini BUMN Award ini, karena sejarah mencatat bahwa beliau pernah mengajukan peninjauan ulang atas kebijakan perusahaan yang mensyaratkan bahwa untuk menjadi Kepala Operasional di PT Rajawali Nusindo haruslah seorang laki-laki. Dan atas kegigihannya berjuang ke Manajemen saat itu, akhirnya kebijakan itu dihapuskan sehingga beliau pun bisa menjadi Kepala Operasional saat itu, dan tentunya dengan kebijakan baru ini semakin banyak Srikandi-Srikandi di PT Rajawali Nusindo yang bisa memperoleh jabatan strategis seperti Kepala Cabang dan jabatan struktural lainnya. Dan penunjukan beliau sebagai Direktur Operasional PT Rajawali Nusindo pada tahun 2012 semakin mengukuhkan peran perempuan semakin penting di BUMN dan Anak Perusahaannya.

Dengan demikian, kiranya keteladan yang telah ditunjukkan oleh Chairani, dapat diikuti terutama oleh generasi-generasi muda RNI, srikandi-srikandi muda RNI, bahwa perempuan tidak kalah dengan laki-laki dan perempuan pun mampu berprestasi sama dengan laki-laki, bahkan bukan mustahil untuk melampaui prestasi laki-laki. Keteladan Chairani menunjukkan eksistensi beliau sebagai Kartini modern saat ini. Sekali lagi, selamat untuk Ibu Chairani Harahap. (YantoTogi).