Selamat Bertugas Direksi RNI Yang Baru

Pada hari Kamis tanggal 2 Juli 2015, PT Rajawali Nusantara Indonesia (PT RNI) selaku Holding Company memperkenalkan, mengumumkan wajah-wajah baru dewan direksi RNI, yakni B. Didiek Prasetyo Sebagai Direktur Utama, M. Yana Aditya sebagai Direktur Keuangan, Agung P. Murdanoto Sebagai Direktur Pengembangan Usaha & Investasi, Elka Wahyudi sebagai Direktur Pengendalian Usaha & Risk Manajemen dan Djoko Retnadi sebagai Direktur SDM & Manajemen Asset. Kehadiran jajaran direksi baru PT Rajawali Nusantara Indonesia ini juga sekaligus menggantikan direksi sebelumnya yaitu Dandossi Matram, Oki Jamhur Warnaen dan Bambang Adi Sukarelawan bertempat di Auditorium lantai 6 Gedung RNI, Kuningan Jakarta.

Pengangkatan tersebut berdasarkan surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-101/MBU/06/2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan RNI. Adalah Deputi bidang Agro Industri dan Farmasi Kementerian BUMN, M Zamkhani, yang menyampaikan mewakili pemegang saham pada jam 09.00 WIB di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta. Di bawah kepemimpinan Didik Prasetyo, perusahaan yang bergerak di empat bidang usaha, yaitu agroindustri, farmasi dan alat kesehatan, perdagangan dan distribusi serta properti ini nantinya akan memposisikan kembali dirinya sebagai Invesment Holding.

Menurut Direktur Utama Rajawali Nusantara Indonesia B. Didik Prasetyo, jajaran direksi ini nantinya akan lebih fokus pada upaya-upaya strategis ke arah pengembangan secara grup dimana akan diberikan kewenangan penuh untuk anak perusahaan menjalankan kegiatan operasional perusahaan secara utuh. Selain itu, Direksi PT RNI Holding selaku pemegang saham juga akan menetapkan arah perusahaan yakni dengan merumuskan kebijakan yang bersifat strategis. Dengan demikian, pengembangan perusahaan ke depan secara Group dapat direncanakan lebih terprogram dan terarah. “Kami akan memberikan kewenangan penuh kepada anak perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan secara utuh. Sebagai investment holding peranan Direksi RNI Holding selaku pemegang saham, lebih kepada menetapkan arah perusahaan dengan merumuskan kebijakan yang bersifat strategis. Sehingga pengembangan perusahaan ke depan secara Group dapat direncanakan lebih terprogram dan terarah,” terang Didik. Direktur Utama Rajawali Nusantara Indonesia B. Didiek Prasetyo, memperoleh gelar Sarjana Kehutanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), sebelumnya beliau berkarir sebagai Asisten Deputi bidang Usaha Energi, Pertambangan, Percetakan dan Pariwisata Kementerian BUMN. Pernah menjadi komisaris di PT RNI pada tahun 2008-2013. Sedangkan M. Yana Aditya selaku Direktur Keuangan merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jabatan sebelumnya adalah Direktur Keuangan & SDM PT Balai Pustaka (Persero). Beliau juga seorang praktisi bisnis di bidang manajemen strategis dan manajemen keuangan. Sebelum bergabung di Balai Pustaka berkiprah di perbankan dan perhotelan. Agung P. Murdanoto selaku Direktur Pengembangan Usaha & Investasi, Meraih Gelar Sarjana dari IPB, Gelar Master dan Doktor bidang Agricultural di Kyoto University. Beliau menjabat sebagai Direktur PT Mitra Kerinci sejak Maret 2012. Karir sebelumnya adalah Deputi Direktur Pengembangan PT RNI tahun 2007-2012 dan Deputi Direktur Pengambangan Usaha Agro PT RNI 2004-1007 Elka Wahyudi selaku Direktur Pengendalian Usaha, Meraih Gelar Sarjana Pertanian dari Universitas Jember pada tahun 1982. Menjabat sebagai Direktur Utama PTP Mitra Ogan pada tahun 2007-2013. Pernah menjadi GM Perdagangan Agro PT Rajawali Nusindo 2004-2007. Sedangkan Djoko Retnadi selaku Direktur SDM & Manajemen Asset , meraih gelar Sarjana Ekonomi Studi Pembangunan dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1988 dan gelar Magister of Business, konsentrasi pada Finance and Banking dari Monash University Melbourne pada tahun 2000 sebelumnya menjabat sebagai Direktur Strategi Bisnis & Inovasi PT RNI sejak Mei 2014. Beliau memulai karir di BRI Pusat di Jakarta sempat menjabat sebagai Wakil Pemimpin Wilayah BRI Banjarmasin, Bandung, dan Jakarta. Acara Pisah Sambut Direksidan Komisaris ini di tutup dengan Kultum dan Buka puasa bersama dengan seluruh karyawan RNI beserta anak perusahaannya. (Salman Nusindo)