RSUP Manado dan Rajawali Nusindo operasikan laboratorium klinik terpadu

20150214rumah_sakitManado, 14/2 (Antara) – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr RD Kandou Manado menggandeng PT Rajawali Nusindo membangun Laboratorium Klinik Terpadu bertaraf internasional untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat di wilayah ini.

Pengoperasian Laboratorium Klinik Terpadu RSUP RD Kandou diresmikan langsung Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang, di Manado, Sabtu, yang disaksikan Direktur RSUP RD Kandou, Maxi Rondonuwu dan Staf Ahli Menteri Kesehatan Chairul Rajab Nasution, Dirut Rajawali Nusindo Tony Visiyanto.

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Sarundajang dalam sambutannya mengatakan pembangunan laboratorium dengan sistem terintegrasi tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi RSUP RD Kandou untuk mendapatkan sertifikat Kelas A dari Kementerian Kesehatan.

“Pengoperasian laboratorium ini mengindikasikan bahwa RSUP Kandou siap menjadi rumah sakit berkelas internasional, selain juga harus berbenah memperbaiki gedung dan meningkatkan kebersihan,” ujarnya.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Kesehatan Chairul Rajab Nasution mengatakan RSUP Kandou akan ditetapkan menjadi rumah sakit rujukan nasional dari 14 rumah sakit milik Pemerintah.

“RSUP RD Kandou harus bisa sejajar dengan rumah sakit terkemuka lainnya seperti RSCM Jakarta, RS Fatmawati Jakarta dan RS Hasan Sadikin Bandung,” ujarnya.

Pengembangan RSUP RD Kandou menjadi rumah sakit berskala internasional harus mendapatkan akreditasi secara paripurna.

“Saya berharap kebesaran RSUP RD Kandou juga harus didukung Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi untuk menelurkan dokter umum, spesial dan sub spesialis yang handal,” kata Chairul menegaskan.

Sedangkan Direktur Utama Rajawali Nusindo Tony Visiyanto mengatakan dalam kemitraan tersebut Rajawali Nusindo bertindak sebagai mitra kerja sama operasional (KSO) yang menyediakan alat kesehatan, renovasi ruangan laboratorium. Sedangkan RSUP Kandou menyiapkan tenaga medis profesional.

“Investasi yang kita alokasikan dalam mengembangkan Laboratorium Klinik Terpadu ini berkisar Rp20 miliar, untuk pembelian peralatan laboratorium medis yang berasal dari impor, termasuk renovasi ruangan,” ujarnya.

Tony menambahkan pengembangan Laboratorium Total Solution di RSUP Kandou merupakan proyek percontohan bagi Rajawali Nusindo.

“Tahun 2015 ini kami menargetkan dapat mengembangkan 4 RSUP kelas A disejumlah wilayah di Indonesia,” kata Tony.

PT Rajawali Nusindo merupakan yang bergerak pada jasa distribusi dan perdagangan anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
@antarasulut.com
Editor: Jorie MR Darondo
COPYRIGHT © 2015

Sumber: http://manado.antaranews.com/berita/23899/rsup-manado-rajawali-nusindo-operasikan-laboratorium-klinik-terpadu