RNI AWARDS 2016

IMG_3380Dalam rangka meningkatkan inovasi yang mampu memberi nilai tambah dan peningkatan kapasitas produksi, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) resmi membuka gelaran Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Awards. Acara yang diikuti oleh seluruh anak perusahaan RNI berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 10 sampai tanggal 12 maret 2016 di Semarang, Jawa Tengah.
Acara ini memberikan berbagai penghargaan bagi anak perusahaan dan karyawan RNI Group yang berprestasi dan dilaksanakan di Hotel Patra Jasa, Semarang, Jawa Tengah. Kota Lumpia ini dipilih karena Semarang tidak bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya RNI. Dimana pada tahun 1885 Oei Tiong Ham mendirikan Oei Tiong Ham Concern (OTHC) konglomerasi pertama di Indonesia yang menjadi cikal bakal RNI.
IMG_3451PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) resmi membuka gelaran Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Awards 2016, bertempat di Kampung Laut, Semarang, Kamis (10/03/2016). Pembukaan dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Agung P Murdanoto dengan dihadiri Walikota Semarang Hendrar Prihadi.
Direktur Utama RNI, Didik Prasetyo dalam sambutan acara Welcome Dinner RNI Award 2016 mengatakan berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam rangka mengisi dan memaknai kemeriahan gelaran Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Award 2016. “Mulai dari pentas seni RNI, lomba foto, lomba stand up commedy, pameran foto dan pameran karya inovasi, jalan sehat hingga penanaman mangrove di Pantai Maroon,” jelas Agung Primanto Murdanoto, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI yang membacakan sambutan Direktur Utama yang berhalangan hadir.IMG_3319
Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi RNI, Agung P Murdanoto mengatakan, kebutuhan perseroan akan inovasi-inovasi baru sudah tidak bisa ditunda lagi, oleh karenanya manajemen kembali menggelar acara ini setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan. “Diharapkan melalui gelaran di tahun yang ke-10 ini akan lahir karya-karya inovasi yang tidak hanya mampu diterapkan di anak perusahaan tertentu tetapi mampu diterapkan di anak perusahaan lainnya.”ujarnya.
Perseroan, lanjutnya, memanggil putra-putri terbaik RNI untuk adu kreativitas dan unjuk inovasi yang bernilai tambah, mampu mereduksi biaya, dan bisa diterapkan. Nantinya, diharapkan inovasi yang lahir mampu diterapkan di anak perusahaan lainnya atau di seluruh RNI Group.
IMG_3480Di Semarang RNI memiliki 45 aset baik dalam bentuk kantor, pabrik, gudang, toko, rumah, hingga lahan kosong. “Jumlah tersebut terbanyak dibanding kota lainnya. Sebagai BUMN, RNI membuka diri dan berharap dapat melakukan sinergi dengan berbagai pihak, baik dengan pemerintah, BUMD, masyarakat, maupun pelaku usaha setempat. Sinergi yang dilakukan bisa dalam bentuk optimalisasi aset maupun bentuk kerjasama lainnya. Semua itu semata demi memberikan kontribusi bagi peningkatan kapasitas bisnis, kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat,” papar Agung.
Sementara Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyambut baik dipilihnya Semarang sebagai tuan rumah pagelaran Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Awards 2016. Pihaknya mengatakan terbuka bagi berbagai kerjasama selama itu memberi dampak positif bagi daerah. “Seperti yang dilakukan salah satu anak perusahaan RNI di Kota Semarang, PT Phapros telah banyak membantu kami melalui aktivitas yang bersifat kepedulian lingkungan melalui penanaman mangrove di pesisir pantai Semarang,” ungkapnya.
IMG_3661Ketua Panitia Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Award 2016, Rahmat Hidayat menjelaskan bahwa digelarnya kembali acara ini untuk menggugah anak perusahaan RNI untuk terus melakukan inovasi dan mebangkitkan semangat untuk berubah. “Banyak sekali perubahan yang bisa dihasilkan dengan acara seperti ini. Acara ini juga merupakan penghargaan bagi anak perusahaan yang berprestasi dalam bidang finance, manufacture dan lain-lain,” jelas Rahmat.
Keesokan harinya acara dilanjutkan dengan penjurian eksibisi karya Inovasi dan RNI Award 2016, Penjurian Best Foreman dan Penjualan Best Foreman dan Best Supervisor, Lomba Kesenian Daerah dan ditutup dengan acara Stand Up ComedyCYMERA_20160406_113414
Pada hari ketiga acara dimulai dengan Jalan Sehat dan mini games. Setelah melepas keseruan acara pun dilanjutkan dengan penanaman mangrove di Pantai Maroon dan ditutup dengan kunjungan booth pameran peserta karya inovasi.
Setelah rehat Istirahat selama 5 jam 30 menit acara puncak RNI Awards pun dilaksanakan. Acara dibuka oleh sambutan dari Direktur Utama PT. Rajawali Nusantara Indonesia, Didik Prasetyo.

IMG_5889Pada sambutannya Didik mengatakan, dengan dilaksanakannya Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Awards pada tahun 2016 yang merupakan gelaran ke-11 ini, pihaknya berharap inovasi yang muncul dapat menjawab berbagai tantangan bisnis yang belakangan ini semakin berkembang.“Seperti kita ketahui, ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat di-era pasar bebas ini permasalahan bukan hanya sekedar menekan HPP tetapi juga bagaimana menghasilkan kualitas produk dan jasa yang disukai dan mampu diterima pasar,” ungkap Didik.
Dalam bidang agro misalnya, bagaimana pelaku usaha dituntut tidak hanya memacu produktivitas tetapi juga menghasilkan produk perkebunan yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang saat ini segala aspeknya telah terstandarisasi. “Kami sangat mengapresiasi berbagai inovasi yang ditampilkan, kami akan kembangkan sehingga inovasi-inovasi ini bisa menyelesaikan berbagai permasalahan, minimal di anak perusahaan terkait,” kata Didik.
IMG_7131Pada acara yang juga dimeriahkan oleh penampilan seni paduan suara dari Universitas Diponegoro, stand up comedy Cak Lontong, dan performa Group Band The Dance Company. PT PG Rajawali I keluar sebagai pemenang dalam kategori utama yaitu Best Subsidiary Company. Anak perusahaan RNI yang berbasis agro tersebut pada tahun 2015 tampil sebagai anak usaha dengan raihan laba terbesar.
Didik mengatakan, guna mengapresiasi dan memotivasi tidak kurang dibagikan 13 (tiga belas) penghargaan.

Penentuan pemenang dilakukan melalui proses penilaian dari sisi kinerja maupun performa dan penjurian oleh internal RNI dibantu tim pakar Universitas Diponegoro dan juri eksternal lainnya. Penghargaan yang diberikan yaitu Petani Terbaik, Lomba Kesenian, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Foto SLR dan kamera Handphone.
IMG_6654Sementara, dari gelaran Eksebisi Karya Inovasi dimenangkan oleh PG Krebet Baru Malang, dengan inovasi yang mampu menekan kehilangan gula dalam proses produksi melalui aplikasi ozonizer. PG yang berada di bawah PT PG Rajawali I ini menyisihkan kompetitor lain dari PT Rajawali Nusindo dengan inovasi mengenai Total Laboratoriun Solution yang menjadi juara kedua, dan PG Tersana Baru, Cirebon mengenai Monitoring dan Alarm Signal pH Kondensat yang meraih juara ketiga.
Selain seni dan inovasi, ada pula penghargaan yang terkait kinerja karyawan dan anak perusahaan, seperti Foreman Teladan, Supervisor Teladan, Best Manufacturing Performance yang dimenangkan PT Mitra Kerinci, Best Trading Unit yang dimenangkan PT Rajawali Nusindo Cabang Denpasar, Best Financial Performance Company yang dimenangkan PT PG Rajawali I, Best Operating Company yang dimenangkan PT PG Rajawali I, dan Best Subsidiary Company yang dipenangkan PT PG Rajawali I.
IMG_5923Sementara, Dwi Ary yang hadir mewakili Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN mengaku terkesan dengan berbagai inovasi yang ditampilkan. “Kompetisi-kompetisi semacam ini yang sebetulnya dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan. Mengingat ini adalah gelaran yang ke-11, tentunya sudah banyak pula inovasi yang dihasilkan, saya harap RNI dapat mengakomodir temuan-temuan tersebut dan mengaplikasikannya untuk kemajuan perusahaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Didik mengatakan, kami akan mengevaluasi dan terus meningkatkan pelaksanaan RNI Awards berikutnya. “Kami membuka selebar-lebarnya kesempatan karyawan untuk terlibat dalam kompetisi inovasi. Dari level karyawan pimpinan sampai karyawan pelaksana bisa menyumbangkan gagasannya. Terlebih, baru di tahun ini kami membuka satu penghargaan baru yaitu penghargaan bagi Petani Terbaik diberikan kepada para petani yang telah memasok tebu terbanyak di lingkungan Pabrik Gula PT RNI,” kata Didik.

IMG_6472
Setelah digelar selama 3 (tiga) hari dari tanggal 10 -12 Maret 2016, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) B. Didik Prasetyo akhirnya menutup rangkaian acara Eksebisi Karya Inovasi dan RNI Awards 2016 melalui penganugerahaan berbagai penghargaan bagi anak perusahaan dan karyawan RNI Group yang berprestasi, bertempat di Hotel Patra Jasa, Semarang, Sabtu 12 Maret 2016. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Kementerian BUMN Dwi Ary Purnomo, Komisaris, seluruh Direksi PT RNI dan jajaran Direksi Anak Perusahaan.