Rajawali Nusindo Laksanakan Annual Meeting 2016

IMG_0845Awal tahun merupakan momentum yang biasa digunakan oleh setiap perusahaan untuk membuat sebuah perencanaan dan evaluasi atas pelaksanaan kerja periode tahun sebelumnya.
PT Rajawali Nusindo memiliki agenda tahunan yang sama di setiap awal tahun yaitu Annual Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran manajemen di kantor pusat dan cabang yaitu Direksi, GM, Manager, Kepala Cabang dan Kepala Operasional Cabang. Kegiatan Annual Meeting 2016 berisi agenda utama yaitu pemaparan program kerja perusahaan, sosialisasi, Implementasi, tata kelola perusahaan yang baik untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2015, menyusun target operasional (TOP) perusahaan periode tahun 2016 beserta program-program kerja yang akan dilaksanakan untuk menunjang pencapaian TOP 2017. Pengumuman KPI Cabang Terbaik Berbasis Balanced Scorecard, Workshop TOP Tahun 2016 dan Penandatanganan TOP, serta Penandatanganan Kontrak Manajemen.
Dilaksanakan di Hotel IBIS Serpong Tanggerang pada tanggal 15 – 17 Februari 2016, Annual Meeting 2015 ini bertemakan “Improving Corporate Values Towards Superior and Reliable Company”. Annual Meeting kali ini diisi dengan agenda-agenda kegiatan yang meliputi: Seminar Executive, presentasi program kerja 2016 seluruh divisi kantor pusat dan workshop penyusunan TOP 2017.

IMG_0868Kegiatan secara resmi dibuka oleh Didik Prasetyo selaku Komisaris Utama PT Rajawali Nusindo pada tanggal 15 Februari 2016. Dalam kesempatan pembukaan. Didik Prasetyo mengarahkan agar PT. Rajawali Nusindo dapat Mempertajam peran PT RNI sebagai Investments Holding, dapat meningkatkan sinergi antar anak perusahaan untuk menciptakan daya saing, optimalisasi bisnis inti dan aset perusahaan, pengembangan bisnis berbasis kompetensi inti, Pemutakhiran sistem, alat dan teknologi, Percepatan kemandirian finansial anak perusahaan, Mengoptimalkan jaringan bisnis dan memanfaatkan setiap network yang ada sepanjang untuk kepentingan Perusahaan, Memiliki organisasi dan SDM yang handal dan siap menghadapi perubahan lingkungan bisnis, serta memiliki pusat riset yang mendukung kelangsungan bisnis.
IMG_0928Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Direktur Utama PT.Rajawali Nusindo Sutiyono. Beliau memperkenalkan diri kepada seluruh kepala cabang atas terpilihnya beliau sebagai Direkur Utama PT. Rajawali Nusindo yang baru. Selanjutnya beliau menyampaikan besarnya potensi yang dimiliki oleh Perusahaan untuk menjadi lebih besar dan perusahaan yang disegani dalam industrinya. Beliau mengajak seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk bersama-sama bekerja keras membangun rajawali Nusindo untuk meraih prestasi tertinggi. Mantan Direktur Keuangan Phapros ini juga menghimbau untuk melaksanakan program kerja mengarah kepada Visi Perusahaan mewujudkan perusahaan yang unggul dan terpercaya melalui pelayanan terbaik bagi pelanggan, dan peningkatan nilai bagi para pemangku kepentingan (Stakeholders), Mendukung penugasan dari RNI (Holding) untuk menjadi perusahaan yang berperan dalam integrasi antar anak perusahaan RNI, BUMN dan swasta lainnya (integrated supply chain).

IMG_0967Setelah agenda pembukaan kegiatan, langsung dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur Keuangan dan Direktur Operasional PT. Rajawali Nusindo, Agus Murtiar dan Chairani Harahap. Agus Murtiar selaku Direktur Keuangan dan SDM menjelaskan tentang Realisasi dan Estimasi Cashflow Rajawali Nusindo periode 2015-2016 berjalan, Laporan Posisi Keuangan 2015, Pengelolaan Modal Kerja dan Piutang, Strategi dan Rencana Kerja bagian Keuangan 2016. Agus Murtiar juga mengarahkan percepatan perputaran modal dengan menekan persediaan dan berkonsentrasi pada penagihan piutang, terus meningkatkan kompetensi Bagian Akuntansi dibidang perpajakan dan segera bermigrasi sistem aplikasi integrasi dari Foxpro ke ERP. Serta meningkatkan kompetensi setiap insan Nusindo dalam setiap jenjang levelnya melalui program-program pendidikan, pelatihan dan asesment berkelanjutan.
IMG_1375Sedangankan Chairani Harahap memaparkan tentang Highlight Penjualan Di Tahun 2015, serta peluang-peluang usaha Rajawali Nusindo di Tahun 2016. Tak lupa pula beliau juga menjelaskan mengenai strategi operasional dari Healthcare, Consumer good and Industrial, Logistik, dan Rajawali Mart. Chairani juga mengarahkan untuk segera mendapatkan Principal yang mempunyai produk yang kuat, Memantapkan metode pipeline untuk memperkuat jaringan pemasaran dan penjualan, review dan penyempurnaan SOP, meningkatkan penyediaan sarana gudang dan gedung untuk kantor cabang menuju standarisasi CDOB dan CDAKB. Serta melakukan pembenahan internal untuk meningkatkan service level bidang logistik. Setelah presentasi dari Direktur Keuangan dan Direktur Operasional agenda seminar executive, maka dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang disampaikan secara bergiliran mulai dari Direksi hingga seluruh General Manager.

Presentasi-presentasi ini semuanya berisi hasil evaluasi kinerja per bidang selama tahun 2015 dan program-program kerja yang akan dijalankan di tahun 2016. Direksi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kinerja tahun 2015 yang telah lewat.GMSetelah Direksi menyampaikan presentasi dalam scope global, aspek operasional dan aspek keuangan kemudian secara bergantian General Manager mengulas realisasi kerja dan program kerja masing-masing bidang yaitu: Marketing, Trading, Distribusi, Akuntansi & Keuangan, SDM & Yuridis dan SPI.

IMG_1266

Di hari kedua dilaksanakan workshop penyusunan TOP 2016. Tim dari divisi-divisi di kantor pusat mereview draft rencana kerja dan angka target yang disusun oleh kantor cabang. Secara bergiliran para Kepala Cabang mengkonsultasikan angka target dan program kerjanya kepada tim-tim dari setiap Divisi kantor pusat. Dimulai dari konsultasi , negosiasi dan penetapan angka target di setiap lini bisnis (Marketing, Distribusi dan Trading) bersama GM-GM di direktorat operasional lalu membahas investasi SDM dan aset bersama GM SDM & Umum hingga membahas angka akuntansi keseluruhan bersama GM Akuntansi & Keuangan. Hasil workshop kemudian dimintakan persetujuan dan pengesahan dari Direksi yang selanjutnya menjadi bahan untuk key performance indicators (KPI) para Kepala Cabang.

IMG_1462Di hari ketiga atau hari terakhir kegiatan, dalam acara penutupan yang dilaksanakan secara sederhana, diisi dengan pengumuman Kantor Cabang Terbaik Kinerja tahun 2015, pengumuman mutasi/rotasi pejabat struktural kantor pusat dan cabang serta penandatanganan key performance indicators. Hasil penilaian kantor cabang terbaik diumumkan oleh Manager Pengembangan, Bapak Yanto Togi Ferdinan Marpaung.
Yanto Togi memaparkan aspek-aspek penilaian dan cara kerja tim untuk menilai sampai kemudian penetapan pemenang. Cabang terbaik dipilih dari setiap kelas cabang yaitu: cabang utama, madya, perdana dan perintis.

0001 (1)

KPI Cabang Terbaik 2015 Berbasis Balanced Scorecard

IMG_1541

1. Semarang
2. Samarinda
3. Solo
4. Denpasar
5. Sorong
6. Batam
7. Mataram
8. Ambon
9. Bandung
10. Palangkaraya

Sebelum penutupan acara Annual Meeting dilakukan pengumuman mutasi/rotasi pejabat-pejabat struktural di lingkungan kantor pusat dan kantor cabang PT Rajawali Nusindo.

IMG_1668

Sebagai output dari Annual Meeting yang merupakan hasil workshop yang dilaksanakan, dilakukan penandatanganan KPI para Kepala Cabang dihadapan direksi.

IMG_1677Kali ini penandatanganan dilakukan secara simbolis yang mana setiap kelas cabang diwakili oleh satu kepala cabang Utama, Madya, Perdana dan Perintis. Dalam Annual Meeting ini, disamping para Kepala Cabang, KPI juga harus ditandatangani oleh para General Manager di kantor pusat. GM sebagai pimpinan divisi di kantor pusat dalam bekerja juga harus mencapai indikator-indikator kinerja yang ditetapkan oleh Direksi. KPI menjadi acuan dalam mengevaluasi kinerja divisi dalam satu tahun ke depan.

IMG_1759 Pada akhirnya Annual Meeting 2016 ditutup secara resmi oleh Komisaris Rajawali Nusindo, Yohanes Nanang Mardjianto . Dalam kesempatan sambutan yang disampaikan sebelum memukul gong tanda ditutupnya kegiatan, Pak Yohanes Nanang Mardjianto berandai-andai dan juga men-challenge Nusindo maupun perusahaan lain dalam RNI Group untuk turut serta memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Annual Meeting 2016 PT Rajawali Nusindo ditutup pada tanggal 17 Februari 2016 dengan harapan menjadi mementum penting yang akan membawa Rajawali Nusindo kepada kesuksesan di tahun 2017 dan selanjutnya.

IMG_1875

Dengan semangat kerjasama dan kerja keras yang dicanangkan direksi diharapkan Rajawali Nusindo semakin tangguh dan mampu bersaing dalam lingkungan industri jasa distribusi dan trading. (Salman Nusindo)

2 thoughts on “Rajawali Nusindo Laksanakan Annual Meeting 2016

  1. Pingback: Best Writing Service

  2. Pingback: great bosses essay

Comments are closed.