Rajawali Nusindo Laksanakan Annual Meeting 2015

IMG_3437Awal tahun merupakan momentum yang biasa digunakan oleh setiap perusahaan untuk membuat sebuah perencanaan dan evaluasi atas pelaksanaan kerja periode tahun sebelumnya. PT Rajawali Nusindo memiliki agenda tahunan yang sama di setiap awal tahun yaitu Annual Meeting.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran manajemen di kantor pusat dan cabang yaitu Direksi, GM, Manager, Kepala Cabang dan Kepala Operasional Cabang. Kegiatan Annual Meeting 2015 berisi agenda utama yaitu pemaparan program kerja perusahaan, sosialisasi, Implementasi, tata kelola perusahaan yang baik (GCG) untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2014, menyusun target operasional (TOP) perusahaan periode tahun 2015 beserta program-program kerja yang akan dilaksanakan untuk menunjang pencapaian TOP 2016.

IMG_3460

IMG_3480Dilaksanakan di Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel Yogyakarta pada tanggal 04 – 06 Maret 2015, Annual Meeting 2015 ini bertemakan “Passion for Integrity”. Annual Meeting kali ini diisi dengan agenda-agenda kegiatan yang meliputi: Seminar Executive, presentasi prinsipal, presentasi program kerja 2015 seluruh divisi kantor pusat dan workshop penyusunan TOP 2015. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Tony Visianto pada tanggal 4 Maret 2015. Dalam kesempatan pembukaan, Tony Visianto memperkenalkan diri kepada seluruh kepala cabang atas terpilihnya beliau sebagai Direkur Utama PT. Rajawali Nusindo yang baru. Selanjutnya beliau menyampaikan besarnya potensi yang dimiliki oleh Perusahaan untuk menjadi lebih besar dan perusahaan yang disegani dalam industrinya. Beliau mengajak seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk bersama-sama bekerja keras membangun rajawali Nusindo untuk meraih prestasi tertinggi.

IMG_3768Setelah agenda pembukaan kegiatan, langsung dilanjutkan dengan presentasi dari Direktur Keuangan dan Direktur Operasional PT. Rajawali Nusindo, Agus Murtiar dan Chairani Harahap. Agus Murtiar selaku Direktur Keuangan dan SDM menjelaskan tentang Realisasi dan Estimasi Cashflow Rajawali Nusindo periode 2013-2014-2015 berjalan, Laporan Posisi Keuangan 2014, Pengelolaan Modal Kerja dan Piutang, Strategi dan Rencana Kerja bagian Keuangan 2015.

IMG_3830 resizeSedangankan Chairani Harahap memaparkan tentang Highlight Penjualan Di Tahun 2014, serta peluang-peluang usaha Rajawali Nusindo di Tahun 2015. Tak lupa pula beliau juga menjelaskan mengenai strategi operasional dari Healthcare, Consumer good and Industrial, Logistik, dan Rajawali Mart. Setelah presentasi dari Direktur Keuangan dan Direktur Operasional agenda seminar executive, maka dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang disampaikan secara bergiliran mulai dari Direksi hingga seluruh General Manager. Presentasi-presentasi ini semuanya berisi hasil evaluasi kinerja per bidang selama tahun 2014 dan program-program kerja yang akan dijalankan di tahun 2015.  Direksi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kinerja tahun 2014 yang telah lewat.

IMG_3693 resizeSetelah Direksi menyampaikan presentasi dalam scope global, aspek operasional dan aspek keuangan kemudian secara bergantian General Manager mengulas realisasi kerja dan program kerja masing-masing bidang yaitu: Marketing, Trading, Distribusi, Akuntansi & Keuangan, SDM & Yuridis dan SPI. Setelah pemaparan presentasi evaluasi dan rencana kerja oleh jajaran manajemen kantor pusat, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari prinsipal. Kali ini prinsipal yang diundang adalah dua prinsipal internal RNI Group yaitu: PT. Philips dan Phapros. PT. Philips yang mendapat giliran pertama menyampaikan mengenai perkmbangan terkini PT. Philips yang terus berbenah memperbaiki kapasitas dan kualitas produksinya.

IMG_3992 resize

PT. Philips mengajak Nusindo untuk bersama-sama mengembangkan bisnis dan produk-produk Philips untuk memenuhi kebnutuhan pasar serta meningkatkan revenue perusahaan secara sinergis.

IMG_3587Setelah PT. Philips, Phapros hadir dengan diwakili Direktur Utama dan Direktur Keuangan bersama Tim Pemasaran Produk Antimo Phapros. Dalam kesempatan ini dipaparkan kondisi pasar farmasi di Indonesia untuk melihat potensi ke depan serta program-program marketing yang dibutuhkan untuk menunjang serapan produk Phapros di pasar serta peluncuran produk baru Antimo Herbal.

IMG_4092Di hari kedua dilaksanakan workshop penyusunan TOP 2015. Tim dari divisi-divisi di kantor pusat mereview draft rencana kerja dan angka target yang disusun oleh kantor cabang. Secara bergiliran para Kepala Cabang mengkonsultasikan angka target dan program kerjanya kepada tim-tim dari setiap Divisi kantor pusat. Dimulai dari konsultasi , negosiasi dan penetapan angka target di setiap lini bisnis (Marketing, Distribusi dan Trading) bersama GM-GM di direktorat operasional lalu membahas investasi SDM dan aset bersama GM SDM & Umum hingga membahas angka akuntansi keseluruhan bersama GM Akuntansi & Keuangan. Hasil workshop kemudian dimintakan persetujuan dan pengesahan dari Direksi yang selanjutnya menjadi bahan untuk key performance indicators (KPI) para Kepala Cabang.

IMG_4440Di hari ketiga atau hari terakhir kegiatan, dalam acara penutupan yang dilaksanakan secara sederhana, diisi dengan pengumuman Kantor Cabang Terbaik Kinerja tahun 2014, pengumuman mutasi/rotasi pejabat struktural kantor pusat dan cabang serta penandatanganan key performance indicators. Hasil penilaian kantor cabang terbaik diumumkan oleh Manager Sekretariat Perusahaan, Bapak Yanto Togi Ferdinan Marpaung.

IMG_4447Yanto Togi memaparkan aspek-aspek penilaian dan cara kerja tim untuk menilai sampai kemudian penetapan pemenang. Cabang terbaik dipilih dari setiap kelas cabang yaitu: cabang utama, madya, perdana dan perintis. Terpilih menjadi cabang-cabang terbaik kinerja tahun 2014 adalah Cabang Denpasar, Cabang Surabaya, Cabang Solo. Cabang Utama Terbaik menerima uang tunai sebesar Rp 15 juta, Cabang Utama Kedua Terbaik mendapatkan Rp 12,5 juta, Cabang Utama Ketiga Terbaik mendapat Rp 10 juta.Sebelum penutupan acara Annual Meeting dilakukan pengumuman mutasi/rotasi pejabat-pejabat struktural di lingkungan kantor pusat dan kantor cabang PT Rajawali Nusindo.

IMG_4495 resize

Sebagai output dari Annual Meeting yang merupakan hasil workshop yang dilaksanakan, dilakukan penandatanganan KPI para Kepala Cabang dihadapan direksi. Kali ini penandatanganan dilakukan secara simbolis yang mana setiap kelas cabang diwakili oleh satu kepala cabang Utama, Madya, Perdana dan Perintis. Dalam Annual Meeting ini, disamping para Kepala Cabang, KPI juga harus ditandatangani oleh para General Manager di kantor pusat. GM sebagai pimpinan divisi di kantor pusat dalam bekerja juga harus mencapai indikator-indikator kinerja yang ditetapkan oleh Direksi. KPI menjadi acuan dalam mengevaluasi kinerja divisi dalam satu tahun ke depan.

IMG_4623

Pada akhirnya Annual Meeting 2015 ditutup secara resmi oleh Komisaris Utama Bapak Djoko Retnadi. Dalam kesempatan sambutan yang disampaikan sebelum memukul gong tanda ditutupnya kegiatan, Pak Djoko Retnadi berandai-andai dan juga men-challenge Nusindo maupun perusahaan lain dalam RNI Group untuk turut serta memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Annual Meeting 2015 PT Rajawali Nusindo ditutup pada tanggal 06 Maret Februari 2015 dengan harapan menjadi mementum penting yang akan membawa Rajawali Nusindo kepada kesuksesan di tahun 2016 dan selanjutnya. Dengan semangat kerjasama dan kerja keras yang dicanangkan direksi diharapkan Rajawali Nusindo semakin tangguh dan mampu bersaing dalam lingkungan industri jasa distribusi dan trading. (Salman Nusindo)