Pacu Peningkatan Kinerja Salesman Cabang Melalui Pelatihan Basic Salesmanship 2017

IMG_8929

Jakarta - Sebagai bentuk komitmen guna mewujudkan tenaga Salesman yang mempunyai daya saing dalam meningkatkan penjualan serta target yang diberikan perusahaan. PT Rajawali Nusindo bekerja sama dengan PT Little Bee Edutainment menyelenggarakan Training Basic Salesmanship yang diikuti 318 salesman cabang Rajawali Nusindo dari Aceh sampai Sorong hingga Papua.

Training Basic Salesmanship merupakan pelatihan keterampilan individu (salesman) dalam menjual, negosiasi, menekankan atau mendorong calon pembeli untuk mengambil keputusan terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual (salesman), atau suatu kegiatan yang merupakan upaya untuk mendorong orang lain (calon pembeli) untuk membeli barang yang ditawarkan dalam menciptakan kepuasan pelanggan.

Tujuan pelaksanaan pelatihan ini, tidak hanya melatih para peserta dalam mengembangkan komunikasi dan mempertajam keterampilan Selling Skills, peserta pun di beri pemahaman mengenai Psikologi penjual, cara menangani keluhan pelanggan secara profesional guna mendapatkan komitmen dari pelanggan dan meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai target penjualan.

Training Basic Salesmanship memang sudah seharusnya tidak terlepas dari program peningkatan kinerja Salesman dicabang, karena dengan pelatihan ini, Salesman Cabang bisa mendapat banyak ilmu seperti Sales Personality, cara menyusun Sales Plan dan pemahaman lebih mendalam mengenai Product Knowledge mulai dariproduk consumer good, Obat-obatan, alat kesehatan dan BMHP (Bahan Medis Habis Pakai) yang tentunya akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan PT Rajawali Nusindo.

Kegiatan yang digelar di Hall Room Hotel Rivoli dan Hotel Asana Kawanua dibagi menjadi 10 Batch pelatihan dimulai dari tanggal 15 Mei 2017 sampai 15 Agustus 2017 dengan masing-masing Batch diikuti oleh 30 orang peserta pelatihan.

Penyamatan NametagPelaksanaan pembukaan kegiatan pelatihan ini dibuka dengan sambutan serta apresiasi dan motivasi yang langsung disampaikan oleh Direktur Healthcare & Consumer PT Rajawali Nusindo Lukmanul Hakim dan Direktur Keuangan PT Rajawali Nusindo Y Nanang Marjianto serta penyematan Name Tag kepada salah satu peserta simbolis tanda bahwa kegiatan dimulai. Dalam Sambutan Direktur Healthcare & Consumer PT Rajawali Nusindo, Lukman berpesan dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini tentunya memberikan pengalaman dan ilmu baru bagaimana mematangkan Emotional Intelligence (kecerdasan emosional) dalam rangka mendorong pencapaian kinerja yang maksimal dan pengaplikasian agar pencapaian target perusahaan di masing-masing cabang diharapkan bisa terpenuhi. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Keuangan Nanang pun menyampaikan bahwa kesempatan mendapatkan ilmu salesmanship ini sangatlah penting, ia berharap setelah mengikuti kegiatan ini, salesman dapat memberikan kontibusi aktif di cabang dalam pencapaian target yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 15 – 15 Agustus 2017, banyak sekali ilmu yang didapat peserta dari penyampaian Trainer Eksternal yang disampaikan oleh Dhimas Prasetya Trainer Salesmanship dari PT Little Bee Edutainment dan Trainer Internal yang disampaikan oleh Divisi Distribusi, Akutansi Keuangan dan Sekretaris Korporasi.

Keseruan Training

Yang menarik dalam pelaksanan pelatihan ini, peserta pelatihan diajak mempelajari materi dengan metode “Les’t Have Fun Learn Together”, mempelajari materi salesmanship lebih santai dengan pola games interaktif dan Rollplay, namun tetap memberikan Value atau nilai pemahaman mengenai materi yang disampaikan oleh para Trainer. Terlihat kecerian dan antusiasme para peserta ketika trainer menggelar Rollplay dan Games di setiap sesi pelatihan.

Disesi penutupan kegiatan Training Batch 1 hingga 10, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat dan pembagian hadiah penghargaan bagi peserta. Pemberian hadiah diberikan kepada peserta teraktif, peserta dengan perolehan nilai pre dan post test tertingi dan evaluasi Rollplay.

Setelah pemberian sertifikat dan hadiah penghargaan selesai dilanjutkan dengan arahan dari GM Distribusi Iskak Putra kepada peserta training dengan mereview kembali sedikit materi yang disampaikan Trainer Internal dan motivasi kepada peserta serta apresiasi yang sangat luar biasa atas terselenggaranya Training Basic Salesmanship 2017.

IMG_0680Selamat kepada seluruh salesman Cabang Rajawali Nusindo yang telah melaksakan Training Basic Salesmanship 2017, semoga keikutsertaan salesman cabang dalam pelatihan ini memberikan manfaat dan kontribusi yang luar biasa untuk menigkatkan pencapaian target cabang Rajawali Nusindo di tahun 2017 dan di tahun-tahun berikutnya. RAJAWALI NUSINDO S.I.A.P, Skill Initiative Attitude Performance. NUSINDO Yess.yess.yess.

(Rizki Nusindo)