Rajawali Nusindo Cabang Palu: Membangun Team Work Dengan Outbond Team Building 2017

image007Membangun team yang solid dalam suatu perusahaan bukan lah hal yang mudah, karena setiap individu dalam perusahaan memiliki pemikiran dan latar belakang yang berbeda, sedangkan untuk mencapai tujuan bersama diperlukan team yang solid.

Salah satu upaya manajemen perusahaan dalam menciptakan solidaritas dan kekompakan Team yaitu dengan mengadakan kegiatan Team Building Outbond bagi seluruh karyawan.

image017Team Building adalah suatu program pelatihan manajemen di alam terbuka yang mendasarkan pada prinsip “experiental learning” (belajar melalui pengalaman langsung) yang disajikan dalam bentuk permainan, simulasi, dialog dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Melalui Experiental Learning dalam rangka pembentukan suatu team (team buiding) memberikan pengalaman bagi peserta bagaimana masing-masing peserta dapat mengidentifikasikan dan selanjutnya secara sinergis berusaha maksimal mencapai tujuan perusahaan yang dinginkan.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 18 Maret 2017 di Tanjung Karang Kabupaten Donggala, PT Rajawali Nusindo Cabang Palu menyelenggarakan Outbond Team Building dengan mengusung Tema kegiatan “Dengan Kebersamaan dan Keakraban, PT Rajawali Nusindo Cabang Palu Bisa Unggul dan Terpercaya”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh karyawan Cabang Palu baik Salesman, Supervisor, Administrasi dan Petugas Gudang, selain itu, Kepala Cabang pun ikut aktif mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

image011Rangkaian acara yang diselenggarakan 1 hari ini dibuka langsung oleh Kepala Cabang Palu Adriansyah. Dalam sambutannya Kepala Cabang Palu menyampaikan bahwa penyelenggaraan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Rajawali Nusindo Cabang Palu dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing karyawan dalam menghadapi tantangan dan tentunya mempunyai tujuan untuk membangun team kerja yang efektif, membangun kerjasama team yang solid, serta dapat menyelesaikan konflik internal yang terjadi sehari-hari, pungkasnya.

Acarapun dilanjutkan dengan pengarahan tata cara Outbond dan pembagian kelompok team. Dalam pengarahan yang diberikan oleh para Penyelenggara Team Building menjelaskan simulasi Fun Games dan Games Team Work. Meski berbalut Fun Games, acara tersebut terlihat ampuh dalam membentuk kerjasama team. Kerja sama team amatlah penting dalam mewujudkan suatu tujuan perusahaan. Oleh karenanya PT Rajawali Nusindo khususnya Cabang Palu sangat konsen dalam hal ini dan sebagai bentuk implementasi dari visi Rajawali Nusindo.

image053Tampak suasana kebersamaan, keakraban dan kehangatan disela-sela kegiatan. Meski siang itu sinar matahari sangat terik, namun kondisi tersebut tidak menyulutkan semangat para peserta, semua Ini terlihat dari antusias dan riangnya mereka dalam mengikuti seluruh kegiatan. Tentunya dalam penyelenggaraan acara Outbond Team building ini mempunyai spesifikasi tujuan, diantaranya: terciptanya keakraban antara satu karyawan dengan karyawan lainnya, terciptanya jiwa kepemimpinan setiap karyawan dari games yang diikuti, membangun sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan permasalahan kerja, menciptakan komunikasi yang efektif antara atasan bawahan serta sesama rekan kerja. Sehingga memberikan semangat bagi karyawan cabang untuk bekerja lebih maksimal.

Menurut para peserta Team Building kegiatan ini sangat bermanfaat dan bisa memberikan semangat kami dalam bekerja. Melepaskan kejenuhan dan penat akan rutinitas kantor, memacu optimisme dalam pekerjaan. Semua kegiatan dilakukan dengan santai namun serius. Banyak pelajaran yang berharga yang kami dapatkan dari setiap games yang diberikan. Kami berharap kegiatan ini masuk dalam agenda rutin PT Rajawali Nusindo setiap tahun.

Semoga dengan diadakan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan kerjasama dalam menjalani tugas dan kewajiban di Cabang Palu, serta meningkatkan produktivitas kepada setiap karyawan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi Rajawali Nusindo khususnya Cabang Palu.