National Meeting for Trading 2011

Di tempat yang sama dengan National Meeting for Marketing di Hotel Golden Flower Bandung pada tanggal 25-28 Januari 2011, dilaksanakan National Meeting for Trading 2011 dengan tema Together Hand in Hand to Increase Institution Market Share Safely. Kegiatan ini juga agenda rutin yang mengumpulkan seluruh tenaga operasional Trading Rajawali Nusindo di Kantor Pusat dan Kantor Cabang. Peserta kegiatan ini berjumlah 62 orang Tim Trading dari seluruh cabang dan kantor pusat. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan secara khusus hanya untuk Tim Trading tidak bersama dengan Marketing maupun tim Distribusi.

Tim Operasional Trading merupakan salah satu pilar bisnis Nusindo yang per Desember 2010 ditetapkan sebagai Divisi khusus dari sebelumnya masih menjadi bagian dari Divisi Marketing & Trading. Dengan terbentuknya divisi khusus ini diharapkan mampu memaksimalkan revenuedan menunjang pencapaian kinerja perusahaan. Divisi ini fokus pada segmentasi pasar institusi atau industrial goods dengan transaksi skala besar. Divisi Trading ini terdiri dari Trading Healthcare (HC) dan General/Agro Trading yang masing-masing fokus dengan produk serta pasarnya masing-masing.

National Meeting for Trading 2011 yang berlangsung selama tiga hari tersebut diisi dengan kegiatan-kegiatan training, sosialisasi kebijakan internal/eksternal, sharing knowledge, penyusunan target operasional (TOP) periode 2011 dan pemberian penghargaan Marketing Institusi terbaik di penghujung kegiatan. Hari pertama dilaksanakan Effective Negotiaton and Lobying Skill Training bekerjasama dengan Markplus. Pelatihan ini dibagi menjadi dua kelas yang dipandung oleh dua fasilitator yaitu Bapak Hengki Messa dan Bapak Sidharta setelah pelatihan yang dilaksanakan sampai sore, dilanjutkan dengan sharing experience pelaksanaan tugas operasional Trading di cabang-cabang. Hari kedua diisi dengan sosialisasi ketentuan baru mengenai pengadaan barang dan jasa yang dipandu narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) yang juga dilanjutkan dengan sesi sharing experience di malam harinya. Di hari ketiga diberikan materi kebijakan internal terkait proses bisnis dan administrasi Trading selama setengah hari dan dilanjutkan langsung dengan workshop penyusunan TOP. Di malam harinya kegiatan ditutup oleh Direksi bersama-sama dengan penutupan National Meeting for Marketing. Seperti biasanya kegiatan meeting Nusindo terjadwal padat dengan agenda-agenda penting sehingga seluruh peserta harus fit fisiknya.

Pada kesempatan memberikan arahan dalam acara pembukaan dan penutupan kegiatan, Direksi menyampaikan peran penting Tim Operasional trading dalam kelangsungan keberhasilan bisnis Rajawali Nusindo. Sebagai fungsi yang secara formal baru ditetapkan sebagai divisi dalam organisasi perusahaan, Unit Trading dipercaya akan mampu mendukung manajemen dalam menggapai prestasi kerja. Namun semangat untuk meraih kinerja usaha yang tinggi melalui unit Trading ini harus diimbangi dengan pelaksanaan kerja yang jauh lebih hati-hati dan elegan. Karakter kerja unit Trading yang banyak terlibat dalam kegiatan pengadaan di instansi pemerintah dan non pemerintahan harus sangat paham mengenai aturan main yang berlaku. Kegiatan pengadaan barang dan jasa di berbagai instansi saat ini banyak menjadi sorotan. Kekhawatiran akan penyimpangan dalam pelaksanaannya membuat sistem penyelenggaraannya dibuat menjadi sangat ketat dengan membuat ketentuan yang ketat dan organ pengawasan pelaksanaan secara berlapis. Terkait hal ini direksi menegaskan agar jajaran operasional Trading harus patuh dalam menjalankan segala aturan yang berlaku dan menghindari praktek-praktek yang melanggar ketentuan.

Dalam acara penutupan kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dengan penutupan National Meeting for Marketing 2011 di Ballroom Hotel Golden Flower diumumkan Tim Marketing Institusi/Trading terbaik untuk kinerja tahun 2010 yang dibagi menjadi dua kategori yaitu: “Pencapaian TOP 2010 Terbaik” dan “Pencapaian Omzet Terbesar tahun 2010″. Sebagai pemenang untuk kategori Pencapaian TOP 2010 Terbaik adalah Tim Trading Cabang Surabaya dan pemenang kategori Pencapaian Omzet Terbesar tahun 2010 adalah tim Trading Cabang Makassar.

National Meeting for Trading 2011 dalam jangka pendek menjadi forum konsolidasi dan perencanaan kerja selama tahun 2011, serta secara jangka panjang merupakan agenda rutin yang diadakan untuk proses improvement dan pengembangan bisnis yang berkesinambungan dalam rangka menuju pelaksanaan bisnis yang excellent. Dengan adanya forum ini diharapkan upaya peningkatan kinerja melalui unit Trading dapat memberikan kontribusi yang semakin besar di masa mendatang. Viva Nusindo.