National Meeting for Marketing 2011: “Tak ada produk yang tidak bisa dijual”

Marketing merupakan salah satu pilar bisnis yang dimiliki oleh PT Rajawali Nusindo. Sebagaimana definisi yang umum dipahami bahwa Marketing atau Pemasaran memiliki fungsi dan peran untuk menciptakan permintaan (demand) di pasar terhadap suatu barang atau jasa. Demikian pula Divisi Marketing di Rajawali Nusindo memiliki tanggung jawab untuk membangun pasar dan membuat permintaan atas produk-produk yang dimiliki Rajawali Nusindo.

Visi Rajawali Nusindo sebagai perusahaan trading dan distribusi terbaik & terpercaya menyiratkan bahwa Nusindo focus menjadi perusahaan yang memperdagangkan dan mendistribusikan produk-produk yang dimilikinya. Produk-produk tersebut meliputi produk yang dihasilkan oleh unit-unit usaha lain dalam lingkup RNI Group maupun produk dari eksternal RNI Group yang masih dalam scope kompetensi yang dimiliki yaitu: farmasi, alat kesehatan, consumer goods dan produk agro. Kebanyakan aktivitas marketing dari produk-produk yang diperdagangkan dan didistribusikan tersebut proses marketing-nya sudah dijalankan oleh para produsen atau biasa disebut dengan istilah principal. Misalnya seperti produk PT Phapros yang memproduksi obat-obatan dimana aktivitas marketing untuk membangun permintaan di pasar telah dilakukan oleh Phapros sendiri dan Rajawali Nusindo yang bertugas memenuhi permintaan pasar yang sudah tercipta melalui jaringan distribusi yang dimilikinya.

Namun tidak semua produk yang ada di Rajawali Nusindo proses marketing-nya dilakukan oleh pihak produsen. Rajawali Nusindo juga memiliki produk-produk yang membutuhkan aktivitas marketing. Produk-produk yang dimaksud adalah produk milik Rajawali Nusindo sendiri (dengan brand Rajawali atau Nusindo), produk yang license-nya dimiliki Rajawali Nusindo atau perusahaan produsen/manufaktur yang menyerahkan aktivitas marketing-nya kepada Rajawali Nusindo. Disinilah unit Marketing menjalankan fungsi dan perannya dalam struktur bisnis Rajawali Nusindo. Produk-produk yang jumlah-nya sangat banyak tersebut dibuat pengelolaan dan aktivitas marketing-nya supaya timbul permintaan dan pembelian di segemn pasar yang dituju. Divisi Marketing membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap setiap produknya agar menjadi pilihan dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Rajawali Nusindo memiliki tim marketing yang secara khusus bertugas menciptakan permintaan di pasar.

Sebagai salah satu bentuk aktivitas pengelolaan bisnis marketing di Rajawali Nusindo, setiap awal tahun dilakukan National Meeting yang agenda utamanya adalah menyusun rencana kerja dan penetapan target operasional (TOP) di tahun yang dimasuki. National Meting ini sangat penting untuk mengevaluasi hasil kerja tahun sebelumnya sebagai acuan pelaksanaan untuk program marketing tahun-tahun selanjutnya. Para tenaga Marketing dari seluruh cabang berkumpul untuk mereview hasil kerja sebelumnya, sharing pengalaman dan menyusun langkah kerja yang diperlukan untuk mencapai hasil kerja yang lebih baik.

Berlangsung selama lima hari di Hotel Golden Flowers Bandung pada tanggal 24 s/d 28 Januari 2011, Rajawali Nusindo menyelenggarakan National Meeting for Marketing yang dihadiri sekitar 150-an Tenaga Marketing dari seluruh Indonesia.  Meeting ini mengangkat tema “Tak Ada Produk yang Tidak Bisa Dijual”. Tema ini menegaskan bahwa setiap tenaga Marketing harus optimis bahwa tidak ada produk (goods) yang tidak bisa dijual tapi orangnya-lah yang tidak bias menjual. Disini juga tersirat pesan bahwa  Marketing berperan penting untuk bisa membuat sebuah produk diminati dan ingin dibeli oleh konsumen. Sehingga tidak akan pernah lagi seorang tenaga Marketing mengeluh tidak bias mencapai target karena alas an produk yang tidak baik. Seperti apapun jenis produk pasti ada strategi dan cara yang tepat untuk membuatnya menjadi menarik dan marketable.

Dalam kesempatan pembukaan kegiatan yang dihadiri oleh ketiga anggota Dewan Direksi PT Rajawali Nusindo, disampaikan peran penting Marketing sebagai ujung tombak dan pilar bisnis perusahaan. Direksi juga memaparkan perkembangan usaha Rajawali Nusindo yang perlu diketahui serta segala peluang dan tantangannya untuk diperhatikan dalam melaksanakan program masing-masing anggota Tim Marketing. Direksi meminta seluruh jajaran Marketing agar selalu optimis dan focus untuk menciptakan permintaan-permintaan terhadap produk farmasi dan alat kesehatan yang dimiliki Rajawali Nusindo.

National Meeting for Marketing 2011 ini secara lengkap meliputi kegiatan  training Selling Skill, training Product Knowledge dan workshop penyusunan target operasional dengan jadwal yang sangat padat. Training Dynamic Selling Skill  dilaksanakan bekerjasama dengan Viatama Training Consultant selama dua hari sebanyak 4 kelas secara paralel. Dalam pelatihan ini peserta banyak melakukan simulasi disamping pembekalan materi yang disampaikan oleh para trainer. Dalam sesi Product Knowledge Training yang juga berlangsung selama dua hari, diundang para pembicara dari prinsipal-prinsipal yang dilaksanakan paralel sebanyak 7 kelas. Hingga kemudian di hari terakhir peserta secara bersama-sama melakukan workshop yang dipandu oleh Tim Marketing Kantor Pusat untuk menghasilkan rumusan target operasional yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kerja sepanjang 2011. Kegiatan ditutup pada tanggal 28 Januari 2011 malam hari oleh Direksi yang menegaskan kembali pentingnya peranan Tim Marketing dalam pencapaian sasaran perusahaan di masa depan.

Dalam kesempatan Penutupan yang dilaksanakan bersamaan dengan Penutupan National Trading Meeting di Ballroom Hotel Golden Flower Bandung dilakukan pemberian penghargaan kepada para Marketing Terbaik yang kategorinya dikelompokkan berdasarkan kelompok produk. Kategori penghargaan meliputi: Marketing LD Terbaik, Marketing Alkes Terbaik, Marketing Surgery Terbaik, Marketing Smiths Terbaik, Teknisi Terbaik dan Supervisor Marketing Terbaik. Pemilihan Marketing Terbaik ini didasarkan pada kinerja pencapaian target untuk tahun 2010. Untuk setiap kategori dipilih dua pemenang (Terbaik 1 dan Terbaik 2). Direksi memberikan hadiah uang Tunai kepada setiap pemenang Marketing dan Teknisi Terbaik yaitu Rp 3 juta untuk Terbaik 1 dan Rp 2 juta untuk Terbaik 2. Untuk kategori Supervisor Terbaik diberikan Rp 5 juta untuk Terbaik 1 dan Rp 3 juta untuk Terbaik 2.

Demikian lah upaya yang dilakukan oleh PT Rajawali Nusindo untuk menyiapkan pelaksanaan bisnis yang memiliki dampak dalam jangka pendek dan jangka panjang. Kontribusi dan kerja sama seluruh jajaran sangat diperlukan untuk membangun PT Rajawali Nusindo sebagai kekuatan besar dalam bisnis Trading dan Distribusi di Indonesia. Viva Nusindo. (AK)