National Meeting for Distribution 2011

Rapat kerja operasional lainnya yang diselenggarakan oleh Rajawali Nusindo adalah National Meeting for Distribution. Rapat kerja ini diikuti oleh tim operasional dari kelompok Distribusi sebagai salah satu pilar bisnis Rajawali Nusindo. National Distribution Meeting 2011 dilaksanakan di Hotel Putri Gunung Lembang pada tanggal 31 Januari s/d 2 Februari 2011.
Meeting ini juga merupakan agenda rutin taunan yang dilaksanakan setiap awal tahun dalam rangka konsolidasi, penyusunan rencana kerja dan target operasional (TOP) di kelompok operasional Distribusi. Distribution Meeting kali ini hanya diikuti oleh para Supervisor Sales dan Tim Distribusi yang mewakili cabang-cabang yang belum memiliki Supervisor dengan jumlah peserta sekitar 70 orang. National Meeting for Distribution kali ini bertemakan Maximize your Potencies and Get High Productivity.

Unit Distribusi merupakan salah satu tulang punggung bisnis Rajawali Nusindo sebagaimana visi perusahaan yaitu Menjadi Perusahaan Trading dan Distribusi yang Terbaik & Terpercaya. Bahwa memang core bisnis Rajawali Nusindo sebagai perusahaan distribusi dengan produk yang dikelola adalah obat-obatan, alat kesehatan dan consumer goods. Saat ini produk utama yang didistribusikan adalah produk obat-obatan dari PT Phapros yang merupakan sister company di bawah naungan RNI Group. Disamping sebagai sole distributor dari Phapros yang mendistribusikan seluruh produk secara nasional, untuk menambah loading dan produktivitas, rajawali Nusindo juga mendapat kepercayaan dari beberapa prinsipal lain untuk menjadi distributor produk tertentu di wilayah tertentu. Beberapa prinsipal yang menjadi mitra bisnis Rajawali Nusindo terutama di kelompok produk consumer goods adalah PT Philips, Mustika Ratu, Tokai dan lain sebagainya.

Dengan cakupan produk distribusi yang cukup banyak, tim operasional Distribusi di lapangan dibagi menjadi kelompok-kelompok: Medical Sales (MS), Salesman HC, Salesman PU, Salesman Philips TR dan Salesman Philips PEUR. Masing-masing nama job dibuat dengan pertimbangan jenis produk dan segmentasi pasar yang dituju. Misalnya MS adalah tenaga operasional Distribusi yang menjual produk-produk farmasi dan alat kesehatan di outlet-outlet seperti Rumah Sakit dan Laboratorium. Salesman HC menjual produk yang sama dengan MS untuk pasar apotek dan toko-toko obat. Salesman PU mendistribusikan produk-produk consumer goods non-Philips yang dimiliki ke pasar reguler yaitu toko-toko mulai skala kecil hingga menengah/besar. Salesman Philips terbagi dua yaitu Trade Retail (TR) dan Professional End User Replacement (PEUR). Pembagian ini berdasarkan pengelompokkan yang ada di PT Philips sendiri sebagai produsen yang membuat strategi pemasaran terhadap produk-produknya. Produk Philips hanya didistribusikan oleh beberapa cabang Rajawali Nusindo sesuai penunjukan dari Philips. Saat ini Rajawali Nusindo mendistribusikan produk Philips di 11 cabang untuk kelompok TR dan 4 cabang untuk kelompok PEUR. Dengan kondisi ini Rajawali Nusindo menjadi salah satu distributor Philips terbesar di indonesia dengan kontribusi share penjualan yang signifikan.

National Meeting for distribution 2011 yang berlangsung selama tiga hari ini diisi dengan kegiatan pelatihan, sosialisasi kebijakan, sharing experience dan penyusunan TOP 2011 serta pemberian apresiasi bagi Supervisor terbaik kinerja tahun 2010. Pelatihan dilaksanakan bekerjasama dengan Markplus dengan topik Territory Management yang difasilitasi oleh Bapak Hengki Messa dan Bapak Sidharta. Pelatihan berlangsung sehari penuh sejak pagi hingga malam hari meliputi penyampaian materi dan praktek/workshop untuk pengelolaan teritori atau wilayah kerja yang efektif dan efisien. Kelas dibagi menjadi dua yaitu kelas untuk kelompok Healthcare (HC) dan kelas untuk Consumer Goods atau Produk umum (PU) dan Philips mengingat karakter produk yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri.

Dalam kesempatan memberikan sambutan di acara pembukaan, Direksi menyampaikan apresiasi yang seting-tingginya kepada tim operasional Distribusi atas kerja kerasnya untuk memberikan kontribusi penjualan yang cukup meningkat. Direksi menekankan pentingnya upaya peningkatan produktivitas salesman untuk menambah daya saing dan profitabilitas perusahaan. Direksi berpesan kepada tim Distribusi di kantor pusat untuk selalu mensupport tim di lapangan agar bisa bekerja baik dan mencapai target yang dicanangkan.

Kegiatan national meeting selama tiga hari ini ditutup dengan pemberian penghargaan untuk para Supervisor terbaik di masing-masing kelompok produk yaitu: Sales Supervisor HC, Supervisor MS dan Sales Supervisor PU terbaik untuk kinerja selama tahun 2010. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi manajemen atas kerja keras para Supervisor yang menjadi pemenang dan sekaligus juga untuk memotivasi Supervisor lainnya untuk bisa berkinerja sama baiknya di waktu mendatang. Demikian lah segala upaya dan agenda kerja yang dilaksanakan tim Distrubusi Rajawali Nusindo untuk mencapai kinerja terbaiknya di masa mendatang untuk membawa Rajawali Nusindo menjadi perusahaan distribusi yang disegani. Viva Nusindo.