Mapping Kompetensi Sales Force Cabang Rajawali Nusindo

Mapping Kompetensi Sales Force  Cabang Rajawali NusindoKekuatan utama dari Distributor adalah “Jangkauan Pasar”, merupakan kepanjangan tangan dari Principal agar produk-nya sampai hingga ke konsumen akhir. Artinya pesan utamanya adalah “Availability / Ketersediaan Produk / Jasa di target Pasar yang dituju”. Sehingga jangan terjebak menjadi Perusahaan yang mengantarkan produk dari gudang principal hingga ke retailer.Masih sering ditemukan bahwa distributor berlomba-lomba memberikan distribution fee yang rendah kepada Principal supaya mereka dipercaya untuk mendistribusikan produknya. Hal ini valid jika positioningnya adalah Logistic Provider yang notabene Fungsi Material Handling. Dan material handling dalam mata kualiah manajemen sering disebutkan sebagai non-value added activities. Sehingga biayanya harus ditekan.
Mapping Kompetensi Sales Force  Cabang Rajawali Nusindo 2Namun distributor saat ini dan kedepannya sudah bukan lagi sekedar fungsi “Material Handling”, melainkan “Penjualan”. Sehingga yang seharusnya ditawarkan adalah nilai tambah apa yang bisa diberikan kepada Principal. Salesman merupakan ujung tombak organisasi dalam upaya meraih revenue dan memastikan profit yang telah ditetapkan. Kesadaran sebagaibrand ambassador harus tertanam dan melekat dengan baik pada tim penjualan sehingga mereka dapat berkontribusi optimal Sebagai tenaga penjual, salesman perlu dibekali tidak hanya menjual namun lebih dari itu kemampuan dan pengetahuan tentang distribusi, coverage, administrasi dan penguasaan pasar serta pelayanan kepada pelanggan. Sales force memiliki tugas dan fungsi yang sangat kompleks. Mulai tugas utama yakni mendapatkan pelanggan pelanggan baru dan loyal sampai tugas tugas administratatif dikantor sebagai penopangnya.

Mapping Kompetensi Sales Force  Cabang Rajawali Nusindo 3Kompleksitas tantangan yang dihadapi, dinamisasi pekerjaan yang sangat tinggi, serta hal hal yang diluar prediksi maka para midle manager maupun top manager harus mampu melakukan pengamatan bagi masing masing sales force yang dipimpinnya. Sehingga kompetensi masing masing individu dapat termonitor dan terdokumentasi dengan baik untuk kemudian dilakukan coaching sesuai kompetensinya dengan tepat. Salesman tidak akan mampu bekerja secara efektif dan efisien tanpa adanya orang yang memimpin mereka. Oleh karena itu biasanya terdapat seorang supervisor untuk mengawasi dan mengarahkan tugas dan tanggung jawab salesman. Fungsi dan tanggung jawab utama Sales Supervisor adalah sebagai jembatan/fasilitator, sebagai motivator, sebagai pengawas dilapangan, sebagai perencana pengembangan origanisasi penjualan, sebagai pengarah sasaran operasi penjualan.

Mapping Kompetensi Sales Force  Cabang Rajawali Nusindo 4Sales Supervisor diharapkan memiliki kematangan pribadi, jujur, disiplin, antusias danbergairah, berjiwa pemimpin, dan sanggup membina tim penjualan. Ketrampilan yang harus dimiliki antara lain dapat menggalang team work, negosiasi, problem solving, analisa pasar, penetrasipasar, mapping pasar(routing rencana perjalanan salesman), membuat data base. Sales Supervisor harus mampu memimpin & mengarahkan sales forces dalam melaksanakan tugas dilapangan, menjadi role model, serta memberikan pelatihan dan bimbingan agar ketrampilan, kinerja dan produktivitas dan motivasi sales team bisa meningkat. Memahami kondisi pasar, persaingan (market intelijen), pelanggan (karakter pelanggan), serta mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, membuat sales goal setting dengan tepat. Sales supervisor harus mampu berkoordinasi, berdiskusi, bernegosiasi dengan tim marketing principal serta mengusulkan program promosi yang tepat untuk mendukung pencapaian target penjualan yang ditentukan.

Rajawali Nusindo dalam hal ini mengadakan Mapping Kompetensi Sales Force Cabang yang di adakan pada tanggal 24 Januari 2015 yang bertempat di Kantor Pusat, Auditorium Lantai 6 Gedung Rajawali Nusantara Indonesia, dan serentak di 6 cabang Rajawali Nusindo yaitu: cabang Medan, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar.Mapping Kompetensi Sales Force  Cabang Rajawali Nusindo 5

 

Mapping Kompetensi Sales Force Cabang di ikuti oleh seluruh Supervisor Sales, Medical Sales, dan Salesman dari seluruh cabang Rajawali Nusindo. Dengan adanya Mapping Kompetensi Sales Force ini diharapkan para Supervisor Sales, Medical Sales, dan Salesman dapat meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan kinerja sehingga keuntungan dan target Rajawali Nusindo semakin tercapai. (Salman Nusindo)