annual meeting nusindo 2011

Annual Meeting 2011

Awal tahun merupakan momentum yang biasa digunakan oleh setiap perusahaan untuk membuat sebuah perencanaan dan evaluasi atas pelaksanaan kerja periode tahun sebelumnya. PT Rajawali Nusindo memiliki agenda tahunan yang sama di setiap awal tahun yaitu Annual Meeting. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran manajemen di kantor pusat dan cabang yaitu Direksi, GM, Manager, Kepala Cabang dan Kepala Operasional Cabang. Kegiatan Annual Meeting 2011 berisi agenda utama untuk melakukan evaluasi kinerja tahun 2010, menyusun target operasional (TOP) perusahaan periode tahun 2011 beserta program-program kerja yang akan dilaksanakan untuk menunjang pencapaian TOP 2011.

Dilaksanakan di Hotel Inna Grand Bali Beach Sanur Bali pada tanggal 16 – 18 Februari 2011, Annual Meeting 2011 ini bertemakan To Be Excellent in Marketing, Distribution  and Trading Business. Annual Meeting kali ini diisi dengan agenda-agenda kegiatan yang meliputi: Seminar Executive, presentasi prinsipal,  presentasi program kerja 2011 seluruh divisi kantor pusat dan workshop penyusunan TOP 2011. Kegiatan secara resmi dibuka oleh Komisaris PT Rajawali Nusindo Bapak Agus Purnomo pada tanggal 16 Februari 2011. Dalam kesempatan pembukaan, Komisaris Bapak Agus Purnomo menyampaikan besarnya potensi yang dimiliki oleh Rajawali Nusindo untuk menjadi lebih besar dan perusahaan yang disegani dalam industrinya. Beliau mengajak seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk bersama-sama bekerja keras membangun rajawali Nusindo untuk meraih prestasi tertinggi.

annual meeting nusindo 2011

Pembukaan annual meeting nusindo 2011

Setelah agenda pembukaan kegiatan, langsung dilanjutkan dengan Seminar Executive yang menghadirkan Bapak Arudji Kiswanto dari NBO. Pembicara yang pernah menjadi Training Direkctor di Mitra Adi Perkasa (MAP) ini lebih suka disebut sebagai inspirator daripada sebutan motivator. Dalam materinya, Pak Ari (Demikian biasanya dipanggil) menyampaikan tentang value dan perilaku-perilaku yang harus dimiliki insan Nusindo untuk menjadi insan yang profesional. Khususnya untuk menjadi pemain yang disegani di bisnis Marketing, Distribusi dan Trading yang dinamis maka Nusindo harus senantiasa siap menghadapi perubahan dan merubah dirinya untuk bisa survive dan sukses dalam persaingan.

dirut dengan pak arudji kiswanto speaker

dirut dengan pak arudji kiswanto speaker

Seminar Executive dilanjutkan dengan seminar dan sosialisasi mengenai kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang menghadirkan pembicara dari LKPP. Dalam sesi ini peserta diberikan tambahan pemahaman mengenai kebijakan terbaru yang terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah yaitu Peraturan Presiden No. 54 tahun 2010. Bahwa Rajawali Nusindo salah satu bisnisnya ada Trading yang antara lain menggarap tender untuk pengadaan barang/jasa di instansi pemerintah. Sesi ini menjadi ajang dialog dan sharing antara pembicara dan peserta maupun antar peserta mengenai pengalaman yang pernah dialami dalam mengikuti proses pengadaan di instansi-instansi pemerintah dan non pemerintah.

Setelah agenda seminar executive, maka dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang disampaikan secara bergiliran mulai dari Direksi hingga seluruh General Manager. Presentasi-presentasi ini semuanya berisi hasil evaluasi kinerja per bidang selama tahun 2010 dan program-program kerja yang akan dijalankan di tahun 2011. Direksi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan yang telah bekerja keras untuk mensukseskan kinerja tahun 2010 yang telah lewat. Setelah Direksi menyampaikan presentasi dalam scope global, aspek operasional dan aspek keuangan kemudian secara bergantian General Manager mengulas realisasi kerja dan program kerja masing-masing bidang yaitu: Marketing, Trading, Distribusi, Akuntansi & Keuangan, SDM & Yuridis dan SPI.

Setelah pemaparan presentasi evaluasi dan rencana kerja oleh jajaran manajemen kantor pusat, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari prinsipal. Kali ini prinsipal yang diundang adalah dua prinsipal internal RNI Group yaitu: Mitra Rajawali Banjaran (MRB) dan Phapros. MRB yang mendapat giliran pertama menyampaikan mengenai perkmbangan terkini MRB yang terus berbenah memperbaiki kapasitas dan kualitas produksinya. MRB mengajak Nusindo untuk bersama-sama mengembangkan bisnis dan produk alat kesehatan untuk memenuhi kebnutuhan pasar serta meningkatkan revenue perusahaan secara sinergis. Setelah MRB, Phapros hadir dengan anggota tim yang cukup lengkap khususnya di jajaran Direktorat Pemasaran. Hadir dalam acara ini Direktur Utama, Direktur Pemasaran dan Direktur Keuangan PT Phapros bersama Tim Pemasaran Produk Phapros. Dalam kesempatan ini dipaparkan kondisi pasar farmasi di Indonesia untuk melihat potensi ke depan serta program-program marketing yang dibutuhkan untuk menunjang serapan produk Phapros di pasar.

Di hari ketiga atau hari terakhir dilaksanakan workshop penyusunan TOP 2011. Tim dari divisi-divisi di kantor pusat mereview draft rencana kerja dan angka target yang disusun oleh kantor cabang. Secara bergiliran para Kepala Cabang mengkonsultasikan angka target dan program kerjanya kepada tim-tim dari setiap Divisi kantor pusat. Dimulai dari konsultasi , negosiasi dan penetapan angka target di setiap lini bisnis (Marketing, Distribusi dan Trading) bersama GM-GM di direktorat operasional lalu membahas investasi SDM dan aset bersama GM SDM & Umum hingga membahas angka akuntansi keseluruhan bersama GM Akuntansi & Keuangan. Hasil workshop kemudian dimintakan persetujuan dan pengesahan dari Direksi yang selanjutnya menjadi bahan untuk key performance indicators (KPI) para Kepala Cabang.

Di penghujung kegiatan, dalam acara penutupan yang dilaksanakan secara sederhana, diisi dengan pengumuman Kantor Cabang Terbaik Kinerja tahun 2010, pengumuman mutasi/rotasi pejabat struktural kantor pusat dan cabang serta penandatanganan key performance indicators. Hasil penilaian kantor cabang terbaik diumumkan oleh Kepala SPI Rajawali Nusindo, Bapak Suwanto, selaku ketua tim penilai. Ketua Tim memaparkan aspek-aspek penilaian dan cara kerja tim untuk menilai sampai kemudian penetapan pemenang. Cabang terbaik dipilih dari setiap kelas cabang yaitu: cabang utama, madya, perdana dan perintis. Terpilih menjadi cabang-cabang terbaik kinerja tahun 2010 adalah Cabang Surabaya, Cabang Bogor, Cabang Solo dan Cabang Kudus. Cabang Utama Terbaik menerima uang tunai sebesar Rp 15 juta, Cabang Madya Terbaik Rp 12,5 juta, Cabang Perdana Terbaik mendapat Rp 10 juta dan Cabang Perintis Terbaik memperoleh Rp 7,5 juta.

No Kategori The Best Performance Brach
1 Cabang Utama Cabang Surabaya
2 Cabang Madya Cabang Bogor
3 Cabang Perdana Cabang Solo
4 Cabang Perintis Cabang Kudus
cabang terbaik nusindo 2010

cabang terbaik nusindo 2010

cabang terbaik kinerja nusindo 2010

cabang terbaik kinerja nusindo 2010

Malam itu juga dilakukan pengumuman mutasi/rotasi pejabat-pejabat struktural di lingkungan kantor pusat dan kantor cabang PT Rajawali Nusindo. Mutasi/rotasi ini terkait dengan perubahan struktur organisasi yang terjadi di kantor pusat dengan dibentukanya divisi dan bagian baru yaitu: Divisi Trading, Bagian Pengembangan Usaha dan pembagian Divisi Marketing atas bagian Marketing Alkes dan Marketing Farma. Beberapa kepala cabang mendapat kepercayaan bergabung di kantor pusat untuk mengisi posisi Manager yaitu: Bayu Widiyantoro (Kacab Jakarta 2), Agus Suryanto (Kacab Cikarang) dan Mochamad Gufron (Kacab Madiun). Ketiganya ditugaskan untuk menduduki posisi-posisi manager di Bagian Keuanganm Pengembangan dan Distribusi HC.

No Nama Jabatan Lama Jabatan Baru
1 Agus Suryanto Kacab Madya Cikarang Manager Pengembangan
2 Moch. Gufron Kacab Madya Madiun Manager Distribusi HC
3 Suharyono Manager Keuangan Kacab Madya Cikarang
4 Bayu Widiyanto Kacab Madya Jakarta II Manager Keuangan
5 Hartono Kacab Perdana Serang Kacab Madya Madiun
6 Drajat Muharam H Kacab Perdana Pekanbaru Kacab Madya Jakarta II
7 M Ridha Jauhari Kacab Perintis Balikpapan Kacab Perdana Serang
8 Matheus Remang Kacab Perintis Palangkaraya Kacab Perdana Pekanbaru
9 Suhariyanto Kaops Cabang Bandung Kacab Perintis Balikpapan
10 Hari Suyanto Kaops HC Cabang Surabaya Kacab Perintis Palangkaraya
11 Achmad Yohannes Kacab Perdana Cirebon Kacab Perdana Gresik
12 Samuel Sinaga Kacab Perdana Gresil Kacab Perdana Cirebon
penyerahan sk mutasi nusindo

penyerahan sk mutasi nusindo

Sebagai output dari Annual Meeting yang merupakan hasil workshop yang dilaksanakan, dilakukan penandatanganan KPI para Kepala Cabang dihadapan direksi. Kali ini penandatanganan dilakukan secara simbolis yang mana setiap kelas cabang diwakili oleh satu kepala cabang Utama, Madya, Perdana dan Perintis. Dalam Annual Meeting ini, disamping para Kepala Cabang, KPI juga harus ditandatangani oleh para General Manager di kantor pusat. GM sebagai pimpinan divisi di kantor pusat dalam bekerja juga harus mencapai indikator-indikator kinerja yang ditetapkan oleh Direksi. KPI menjadi acuan dalam mengevaluasi kinerja divisi dalam satu tahun ke depan.

penandatanganan kpi gm nusindo

penandatanganan kpi gm nusindo

Pada akhirnya Annual Meeting 2011 ditutup secara resmi oleh Komisaris Utama Bapak Irwan Makdoerah. Dalam kesempatan sambutan yang disampaikan sebelum memukul gong tanda ditutupnya kegiatan, Pak Irwan menceritakan tentang hasil kunjungan kerjanya ke negara Ethiopia di benua Afrika. Beliau menceritakan banyak pengalaman menarik dan mengejutkan yang dirasakan ketika mengunjungi negara yang bagi orang Indoensia dianggap sangat miskin dan tertinggal jauh secara ekonomi. Justru Pak Irwan menyatakan bahwa dalam kunjungannya ke Ethiopia dia melihat pertumbuhan ekonomi yang pesat di negara itu dan besarnya peluang investor untuk menanmkan modalnya disana. Pak Irwan berandai-andai dan juga men-challenge Nusindo maupun perusahaan lain dalam RNI Group untuk turut serta memanfaatkan peluang bisnis yang ada termasuk kemungkinan bekerjasama dengan pihak asing seperti negara Ethiopia.

Annual Meeting 2011 PT Rajawali Nusindo ditutup pada tanggal  18 Februari 2011 dengan harapan menjadi mementum penting yang akan membawa Rajawali Nusindo kepada kesuksesan di tahun 2011 dan selanjutnya. Dengan semangat kerjasama dan kerja keras yang dicanangkan direksi diharapkan Rajawali Nusindo semakin tangguh dan mampu bersaing dalam lingkungan industri jasa distribus dan trading. Viva Nusindo.