Acara Kick-off Persiapan Sertifikasi ISO 9001:2008 Quality Management System PT. Rajawali Nusindo

foto-iso-1Senin (11/8) PT. Rajawali Nusindo mengadakan acara Pengenalan ISO 9001 2008 yang bertema “Kick off meeting ISO 9001:2008”. Acara ini dilaksanakan di Auditorium lantai 6 gedung RNI dan merupakan rangkaian agenda divisi sekretaris perusahaan PT. Rajawali Nusindo. Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Direktur Utama PT. Rajawali Nusindo Bapak Burhanudin. Beliau menyampaikan bahwa produktivitas sangat erat kaitannya dengan relevansi. Perusahaan dimasa lalu ditentukan oleh system manajemen yang relevan saat itu.

 
Dengan demikian, guna meningkatkan peluang kesuksesan berupa kinerja perusahaan yang baik, maka perubahan dari sistem manajemen yang baru, yang relevan pada jaman ini sangat diperlukan. Untuk itu, Direksi PT. Rajawali Nusindo memutuskan untuk melakukan perubahan sistem manajeran lama ke sistem manajeran yang tersertifikasi standard Internasional ISO 9001:2008 Quality Management System.

presentasi iso

Acara dilanjutkan dengan sambutan Dewan Komisaris Bapak Oki Jamhur Warnaen sekaligus membuka acara kick off meeting IS0 9001:2008. Acara kick off meeting ini dihadiri oleh sekitar 50 karyawan PT. Rajawali Nusindo, beserta Direktur Utama, Direktur Oprasional, dan Dewan Komisaris.

 
Dihadirkan sebagai pembicara utama pada kick off meeting ini dari PT. Sigma Consulting, Bapak Purdianta yang menyampaikan tentang presentasi dan pengenalan ISO 9001:2008 dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam presentasinya Bapak Purdianta menjelaskan bahwa ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa).

 
Selanjutnya Bapak Purdianta juga menjelaskan tentang pengertian ISO 9001;2008 merupakan sistem penjaminan mutu, yaitu mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi dalam menjalankan aktivitas suatu perusahaan. Sistem ISO 9001:2008 secara jelas akan menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi. Bagaimana perkerjaan mengalir dari satu aktifitas ke aktifitas lain. Penanganan pekerjaan mulai dari customer, input ke dalam masing-masing proses, dan output yang dihasilkan dari setiap proses.

 
Parameter-parameter fisik dari hasil pekerjaan, yang menentukan apakah hasil tersebut memenuhi prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan disepakati atau belum. Sistem manajemen ISO 9001:2008 merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi. Sigma Consulting membantu serta memberikan training dan pelatihan untuk implementasinya sehingga dengan sistem manajemen ini diharapkan pelanggan akan terpuaskan.

 
File0709Dalam Acara ini Komisaris Utama Bapak Oki Jamhur Warnaen menjelaskan pentingnya menerapkan ISO 9001:2008 yaitu, Standar perusahaan terdokumentasi, Hubungan antar proses menjadi semakin jelas, Ketersediaan data semua proses penting, Mendorong keputusan faktual, Memudahkan identifikasi peluang untuk perbaikan/improvement, Mengutamakan pencegahan dibandingkan perbaikan, Mengefisienkan cost center, Mengoptimalkan profit center, Meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan.

 
Sebagai informasi, persiapan sertifikasi ISO ini akan berlangsung selama 4 (empat) bulan, dan sebagai tahap awal, sertifikasi akan dilakukan diseluruh departemen di kantor pusat dan 4 (empat) cabang terpilih yaitu Jakarta 1 (utama), Bogor (Madya), Cikarang (Perdana) dan Magelang. Untuk selanjutnya, sertifikasi ditargetkan dapat dilakukan pada seluruh kantor cabang perusahaan.

foto bersama
tanda tangan para karyawanSetelah sesi Tanya jawab berakhir acara dilanjutkan dengan sesi Penandatanganan Komitmen Manajemen dan Karyawan dalam Pelaksanaan Persiapan Sertifikasi ISO 9001:2008. Acara Kick off dan Initialisation review ISO 9001, 2008 PT. Rajawali Nusindo pun ditutup sesi foto dan ramah tamah bersama kayawan PT. Rajawali nusindo dengan Sigma Consulting. (Salman RN)